Monday, November 28, 2011

MADURA, Pulau Garam yang eksotis, tak kenal maka tak sayang.....


Sejak dibukanya Jembatan Suramadu, akses jalan dari dan ke Pulau Madura menjadi demikian mudahnya. Memang sejak dulu keinginan untuk menjelajah Pulau Karapan Sapi menjadi salah satu keinginan yang sudah dicatat dalam "wish list" sehingga ketika dua minggu yang lalu ada SMS yang mengajak untuk melihat dan mengunjungi Pulau Madura, ya langsung deh bersorak asyikkk...... mau dong. Dan Sabtu Minggu, 26-27 Nopember 2011 perjalanan menyusuri Pulau Madura akhirnya terlaksana.

Flight pagi tiket beubah jadi bisnis class.....hehehehe lumayan dan hebatnya ga delay. Rombongan terdiri dari 5 orang termasuk diriku dan satu anak manis yang anteng. Sampai di Juanda langsung menuju ke Suramadu setelah menurunkan penjemput yang di Surabaya. Gak lama kok perjalanan ke Suramadu, lebih kurang 30 menit. Dannnn Jembatan Suramadu is awasome. Keren banget yaaaa...*salut deh buat yang bikin. Sempet berhenti di tengah sebentar buat foto-foto (eh ini sebenernya ga boleh loh karena Jembatan Suramadu adalah jalan tol. Kebayang kalo bukan tol pasti banyak yang mejeng dan nongkrong di tengah Jembatan + makan dan nyemil dari pedagang rujak petis dan sate madura yaaaaaa.....).

Lama perjalanan melintasi Jembatan Suramadu ga lama, cuma 15 menitan....tau tau tradaaaa.....I was on MADURA.....kesan pertama kok sama kayak di jalan-jalan di Pulau Jawa yaaa...kebayangnya kan Pulau Madura itu kering, gersang, keras ternyata sama aja kok kayak kita di Pulau Jawa. Wilayah yang pertama kita masuki di Pulau ini adalah Bangkalan.

First destination: hunting batik madura. Warna-warni cerah khas batik Madura bikin kalap yang beli emang.....setelah menahan diri cuma dapat 8 potong batik, harga berkisar antara 60 ribu, 80 ribu, 100 ribu dan 150 ribu...... O ya yang pertama kita lakukan sesampainya di toko batik adalah mencoba kuliner Madura NASI SERPANG... kayak nasi bogana gitu yang special dari Madura. Isinya nasi putih pulen yang dimasak pake kayu (kok tau...ya nanya sih soalnya, rasanya beda buat yang biasa makan nasi ricecooker), lauknya ada dendeng kering, serundeng, separo telor asin, bihun goreng dan sambel ditambah krecek kuah dalam plastik yang ditambahkan saat mau dimakan serta rempeyek kacang. Rasanya....pas banget....(apa laper ya?) trus ada minuman yang namanya POKA wedang jahe ala Madura yang disajikan dalam cangkir model lama (sayang udah ga panas pas minumnya). Selesai makan langsung muter ngelilingin toko, foto-foto dan milih2. Kenapa disebut menahan diri? soalnya kan jalan-jalan kali ini dilakukan saat belom gajian, jadi ijon deh pake cc (qqqqq....) soalnya sebenernya naksir sarimbit, selendang dan kain yang warna nya kuning.......

Selesai dari toko batik di jalan RE Marthadinata Bangkalan, perjalanan menyusuri Pulau Madura dilanjutkan. Ternyata kita akan menuju Sumenep (hehehehe namanya juga diajak, jadi itenerary tergantung yang ajak yaaa). Dari Bangkalan kita melewati kota Sampang, Pamekasan baru deh nyampe di Sumenep. Pas nyampe Sumenep ternyata dah mendekati magrib, disuguhi makanan khas Madura lainnya (ooooo ternyata ini wisata kuliner....gawat deh bakalan naik berapa kilo yaaa ). Sate Lalat (sate ayam yang kecil-kecil sampai sampai disebut lalat), Rujak Sumenep (rujak bumbu petis yang khas Madura; pake kripik singkong dan rasanya pedes abis...) Es campur khas Madura (pake potongan roti tawar dan kacang hijau utuh rebus) serta Campur (lontong kuah khas madura yang rasa kacangnya terasa disuapan pertama...enaakkkkk) serta lain-lain snack yang cuma ada di Madura : marning jagung kacang, opak sukun, rengginang lorjuk dan tak ketinggalan buah Mangga Matang di puun yang banyaakkkk bangetttt. Tepar kekenyangan tahap pertama (hihihihihihii).

Ternyata perjalanan kita masih lanjut menuju Pelabuhan Kalianget, loh kok ke pelabuhan ya? ternyata kita akan menyebrang ke Pulau TALANGO, nyebrang dengan kapal penyembrangan yang ga lebih dari 5 menit.......lucu banget...(agak norak-norak dikit gitu deh pas nyebrang perahu. Saat itu malam 1 suro dan ternyata di Pulau ini ada maqom pengajar atau guru wali songo yang rame banget didatengin.

Sampe rumah mandi-mandi dan geletak....qqqqqq ga kerasa langsung tidur padahal belom ada jam 8 malem tuh...

Pagi hari selepas sholat subuh, langsung hunting sunrise dari dermaga depan rumah, ternyata matahari terbitnya di belakang rumah.....(harusnya pas sunset tuh dapet........hiksss ga sempet)....ditungguin sampe jam 6.30 juga belom naik tuh si matahari, ya udah deh tinggal mandi aja.....Tau-tau pas lagi ngadem di depan rumah ada cemilan pagi: sukun goreng yang dah tua sama perkedel singkong (singkong kukus yang dihaluskan trus digoreng) + makan mangga pagi-pagi ( dah curiga pasti ada makan pagi lainnya nihhhh...) taunya beneran ada makan pagi lagi sayur tumis bunga pepaya, sayur bening daun kelor dan lauk ikan yang melimpah: ikan kembung goreng, bawal asam manis, tuna bakar....(dan itu harus dihabisinnnnnnnn...qqqqqq).

Selesai sarapan, berangkat lagi kita jalan-jalan, ziarah ke maqom Asta Syaid Yusuf, makan cendol di rumah sebelah, trus nyobain kapal tongkang keliling pulau...... Selepas Pelabuhan Kalianget perjalanan dilanjutkan untuk mampir beli oleh-oleh khas Madura serta berfoto di Masjid Agung Sumenep (lucu banget deh, lihat fotonya aja...). Perjalanan dilanjutkan ke Api yang tak kunjung padam di daerah Pamekasan trus lanjut terus sampai Surabaya lagi.

Oooo musti balik lagi kayaknya ke Madura, banyak yang belum didatangi.....Makasih ibu atas undangannya.

No comments: